Prosedur Pembuatan Tiang Lampu Jalan

Prosedur Pembuatan Tiang Lampu Jalan


Prosedur Pembuatan Tiang Lampu Jalan ­– Dalam memproduksi sesuatu dibutuhkan keahlian khusus. Sebagai contoh dalam memproduksi tiang lampu jalan, dengan melihat bentuknya mungkin bisa kita katakan sangat sederhana. Namun jarang sekali produsen yang mampu membuat tiang lampu jalan dengan sempurna. Dalam memproduksi tiang lampu jalan dapat menghasilkan banyak hal positif. Banyak sekali manfaat yang dapat kita petik seperti, dapat digunakan sebagai hiasan ataupun mampu menerangi jalan secara maksimal.

Prosedur Pembuatan Tiang Lampu Jalan

Ketika membaca prosedur, mungkin terdengar akan menyulitkan. Namun Ketika kita memahami dengan baik prosedur itu sendiri akan sangat membantu kita dalam memahami bagaimana langkah yang tepat dalam melakukan produksi itu sendiri. Pabrikasi tiang lampu jalan saat ini sedang melakukan banyak inovasi dalam pembuatan tiang lampu jalan itu sendiri.

Sebagai cotoh banyak pabrikasi tiang lampu jalan yang menambahkan ornament – ornament menarik yang disematkan pada tiang lampu jalan itu sendiri. Selain menambahkan ornament, banyak juga yang menambahkan keunikan dari bentuk tiang lampu jalan. Tiang lampu antik contohnya, untuk jenis tiang lampu jalan yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena keindahannya.

Lawan dari tiang lampu antik ialah tak lain tiang lampu klasik. Memang kedua tiang lampu ini hampir tidak ada yang tahu perbedaanya. Namun jika kalian main ke workshop milik pabrikasi tiang lampu jalan, kalian akan memahami perbedaan dari kedua tiang lampu jalan ini.

Baiklah tidak perlu menunggu lama – lama lagi serta membicarakan mengenai supplier tiang lampu jalan, langsung saja kita simak pejelasannya mengenai prosedur pembuatan tiang lampu jalan diantaranya.

1.    Menentukan Desain

Untuk memulai proses produksi tiang lampu taman minimalis atau tiang lampu jalan, pemesan harus memilih desain terlebih dahulu. Desain tiang lampu disesuaikan dengan model atau tema taman yang akan dipasangi lampu. Biasanya rumah bergaya vintage akan cocok dengan model tiang lampu klasik dengan ornamen berlekuk di bagian dekat lampu. Desain ini mungkin memiliki ketinggian sekitar 2 meter atau lebih. Namun jika ingin menggunakan tiang lampu berukuran sedang, bisa juga memilih desain klasik dengan tinggi 100 hingga 120 cm. 

Sedangkan rumah atau bangunan bergaya minimalis dan modern bisa menggunakan model tiang lampu taman minimalis. Misalnya yang berbentuk lurus keatas dengan beberapa tangkai lampu. Adapula pemesan yang memilih desain lampu sederhana berkesan modern tanpa ornamen, dengan fitting lampu bulat. Jenis ini terlihat sederhana namun tidak akan salah dipasang di rumah dengan model apapun selain itu harga tiang lampu jalan dan taman semacam ini sangat terjangkau.

2.    Pemilihan Bahan

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat tiang lampu taman minimalis misalnya kayu, besi, semen, dan bahan lainnya. Pemilihan bahan sebaiknya dicocokkan dengan desain yang dipilih. Jika desain tiang lampu tinggi, maka akan menggunakan bahan besi agar lebih mudah dibentuk dan dipindahkan dari bengkel pembuatan tiang ke rumah pemesan.

Jika menginginkan tianglampu taman minimalis dengan tiang agak rendah, maka bahan bisa semen, kayu atau besi tergantung pilihan pemesan. Bahan ini menentukan keawetan tiang lampu. Hal ini disebabkan letak tiang yang ada di luar ruangan akan terkena cuaca langsung baik hujan maupun panas.

3.    Pembuatan Tiang Lampu

Setelah penentuan desain, tinggi, hingga bahan tiang lampu taman maka pabrikasi tiang lampu jalan akan mulai menyusun dan membuat tiang lampu. Proses ini memakan waktu beberapa hari tergantung tingkat kesulitannya. Pada proses produksi tiang lampu taman ini sama dengan pembuatan tiang lainnya.

Bahan besi dipotong sesuai desain, kemudian dirapikan dan dibentuk. Alat yang dipakai mulai dari gergaji, las, bor listrik dan lain sebagainya. Produksi tiang lampu jalan dilakukan dengan teliti sehingga detail yang diinginkan pemesan bisa dibentuk dengan baik. Bahan yang digunakan juga sangat berkualitas sehingga tiang lampu awet dan tahan lama.

4.    Pengecatan Tiang Lampu

Setelah bentuk dasar tiang lampu taman minimalis selesai, tahap berikutnya adalah pengecatan. Cat yang digunakan adalah cat besi jika bahan dasarnya besi. Terdapat beberapa lapisan saat proses pengecatan, untuk mengurangi kemungkinan terkelupas atau pudarnya warna tiang lampu. Pemilihan warna juga disesuaikan dengan tema taman.

Kebanyakan dari tiang lampu taman minimalis ini bergaya klasik di cat dengan warna hijau tua atau cokelat. Namun jika pemesan menginginkan warna lain pengrajin juga akan mengabulkan. Cocokkan dengan warna taman dan bangunan sekitar agar tiang lampu tidak menyatu dengan desain taman tersebut.

5.    Pemasangan Tiang Lampu dan Listrik

Setelah tiang selesai dicat dan mulai mengering, proses pemasangan dapat dilakukan. Petugas yang memasang tiang lampu akan datang ke rumah dan mempersiapkan pondasi untuk tiang lampu taman minimalis yang hampir selesai. Beberapa tiang juga memerlukan penyangga agar bisa berdiri kuat. Penyangga ini biasanya berbahan campuran semen yang berbentuk gundukan.

Selain memasang pondasi, petugas juga akan memasang instalasi kabel listrik agar aman dari aliran air atau gangguan binatang. Pengamanan ini dapat dilakukan dengan menanam kabel dalam tanah atau memasukkannya ke pipa paralon kecil. Pengamanan sangat penting sebab jika terkena air, kabel bisa rusak atau konslet dan membahayakan manusia yang berada di sekitarnya.

Namun untuk Anda yang tingin menghemat biaya dalam kelistrikan, Anda dapat menggunakan tiang lampu solar cell yang dikenal ampuh dalam menghemat listrik. Sebab untuk tiang lampu dengan jenis yang satu ini tidaklah membutuhkan energi listik lagi. Tiang lampu jalan jenis ini bekerja menyerap energi matahari lalu menghantarkannya menjadi energi listrik.

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan, apabila penjelasan diatas masih ada yang kurang dimengerti. Anda dapat meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia atau dapat langsung mengunjungi website resmi dari pabrikasi tiang lampu jalan di bawah ini.

 

Comments

Popular Posts